Cara Tepat Menggunakan Serum Kecantikan (2)

Cara Tepat Menggunakan Serum Kecantikan

Cara tepat menggunakan serum kecantikan perlu Anda ketahui, jika Anda tidak ingin produk serum yang dibeli terbuang sia-sia. Untuk menunjang penggunaannya, akan lebih baik jika Anda paham manfaat maupun kriteria pemilihan serum kecantikan, sebelum benar-benar menggunakannya.

Manfaat utama serum kecantikan
Selain bermanfaat melembabkan wajah, serum wajah yang mengandung vitamin C tinggi membantu menangkal radikal bebas yang sering diterima wajah karena polusi udara. Dengan pemakaian yang tepat, kulit akan selalu terlihat awet muda dan tanda penuaan dini bisa dikurangi. Bagi sebagian orang, pemakaian serum juga membantu mengurangi efek negatif pemakaian kosmetik yang terkadang menyumbat pori dan menimbulkan jerawat.

Kandungan senyawa serum
Serum wajah bisa digunakan oleh wanita maupun pria sejak usia 20 tahun. Didalam serum ada banyak kandungan senyawa yang bermanfaat untuk regenerasi sel kulit, seperti:

a. Allantoin
Dengan kandungan Nitrogen di dalamnya, senyawa allantoin ini berguna dalam meminimalisir timbulnya jerawat dan mengurangi kadar minyak berlebih pada pemilik kulit berminyak atau kombinasi. Saat kulit mulai mengendur, adanya komponen allantoin pada serum tertentu akan membantu penyerapan kolagen di wajah, sehingga kulit wajah tetap terlihat kencang dan awet muda.

b. Flavonoid
Saat Anda beraktivitas di luar rumah, resiko wajah untuk terpapar radiasi matahari dan polusi akan semakin besar. Karena itulah, serum yang mengandung flavonoid sangat diperlukan untuk meminimalisir efek warna kulit tidak merata maupun masuknya senyawa karsinogenik ke dalam pembuluh darah. Senyawa flavonoid juga akan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap bakteri penyakit yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh.

c. Vitamin C
Umumnya serum wajah akan mengandung vitamin C yang sangat tinggi untuk memfasilitasi reaksi metabolisme sel demi peremajaan kulit. Dengan adanya vitamin C, pemakaian kosmetik tidak akan memberi dampak negatif berlebih pada kulit wajah dan kulit akan terlihat lebih cerah.

d. Vitamin E
Kandungan vitamin E pada serum yang Anda pakai akan meminimalisir resiko penuaan dini dan menghambat pigmentasi pada kulit. Selain terlihat cerah dan sehat, kulit Anda akan terlihat lembab dan kenyal.

e. Kolagen dan amino peptida
Kandungan senyawa kolagen dan amino peptida umum terdapat pada serum wajah yang dipakai oleh wanita usia 50 tahun keatas. Hal ini karena amino peptida akan membantu regenerasi sel kulit wajah dan mencegah kerutan. Kulit yang mulai kendur juga akan dikembalikan elastisitasnya dengan menambah produksi kolagen pada kulit.

Cara Tepat Menggunakan Serum Kecantikan

Cara memilih serum
Sebelum Anda mempraktekkan cara tepat menggunakan serum kecantikan, Anda perlu memilih serum wajah yang sesuai dengan kondisi kulit. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memperhatikan poin berikut.

a. Ada sertifikasi BPOM
Jika Anda ingin aman, pastikan produk serum yang Anda beli berasal dari produsen yang menyertakan tanda BPOM di label produk. Dengan adanya sertifikasi dari kedua badan tersebut, dapat dipastikan produk serum yang Anda gunakan tidak berbahaya meski dipakai dalam jangka panjang.

b. Masa kadaluwarsa produk jelas
Secara umum, serum memiliki masa kadaluwarsa 6-12 bulan. Daya tahan serum juga tergantung teknik penyimpanan yang dilakukan. Itu sebabnya, saat Anda membeli produk serum, pastikan masa kadaluwarsa produk agar tidak terjadi masalah pada kulit Anda.

c. Saat diterapkan, kulit tidak terasa lengket
Masing-masing orang akan menunjukkan reaksi yang berbeda pada serum yang digunakan. Namun demikian, serum yang aman umumnya tidak memberikan rasa lengket berlebihan pada kulit wajah. Jika Anda merasa kulit terasa sangat lengket atau panas, akan lebih baik jika Anda mengganti serum tersebut dengan serum lain atau menghentikan pemakaiannya.  

d. Serum dibeli dari toko terpercaya
Cara tepat menggunakan serum kecantikan akan terlaksana dengan baik apabila Anda membeli serum dari penjual yang terpercaya. Jika Anda membeli produk dari toko online, pastikan beberapa hal, seperti:
– Harga produk yang diakumulasikan dengan ongkos kirim. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Hati-hati dengan produk palsu atau produk tiruan.
– Kredibilitas toko penjual
– Deskripsi produk yang jelas

e. Serum dibeli sesuai usia
Jika Anda ingin serum kecantikan yang Anda beli benar-benar memberi manfaat positif, belilah serum sesuai usia Anda. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja senyawa yang berperan dalam regenerasi sel kulit. Sebagai contoh usia 18-25 tahun, akan lebih baik jika memilih serum yang mengandung asam salisilat dan vitamin C tinggi demi meminimalisir masalah jerawat dan ketidakstabilan hormon.

f. Serum dibeli sesuai jenis kulit
Untuk wanita dengan kulit berminyak dan kombinasi, akan lebih baik jika memilih produk serum yang mengandung vitamin C dan air. Dengan begitu, kadar minyak berlebih di kulit wajah bisa diminimalisir dan pori-pori yang mengalami peradangan bisa mengecil secara alami.

g. Hasil yang diperlihatkan tidak instan
Setiap serum tidak akan memberikan hasil yang instan dan apabila hasil yang Anda lihat dideskripsi produk terjadi dalam waktu singkat, Anda perlu hati-hati dengan komponen bahan yang digunakan dalam serum.

Cara tepat menggunakan serum kecantikan

Ketika Anda membeli produk serum sesuai pertimbangan diatas, berikut adalah cara tepat menggunakan serum kecantikan yang bisa diterapkan.

a. Pertama, bersihkan dulu wajah Anda dengan sabun non alkohol dan bilas sampai bersih. Setelah itu, gunakan toner yang mengandung bahan alami jeruk nipis, aloevera, atau mentimun untuk menyegarkan wajah.
b. Langkah selanjutnya, Anda bisa mengoleskan tipis serum ke seluruh permukaan wajah dan sedikit dipijat di area pipi maupun dahi.
c. Setelah serum terasa meresap, aplikasikan cream wajah untuk perlindungan yang lebih sempurna dan setelah itu, Anda bisa menggunakan make up sesuai dengan kebiasaan Anda. 

Cara Tepat Menggunakan Serum Kecantikan (1)

Tips optimalisasi pemakaian serum
Ketika serum yang diaplikasikan ke wajah tepat, maka Anda bisa melihat kulit wajah yang selalu terlihat lebih cerah. Meski begitu, ada beberapa cara lain yang bisa Anda terapkan untuk mengoptimalkan pemakaian serum.

a. Ketika Anda menggunakan serum, pastikan serum yang Anda gunakan memiliki kadar air cukup tinggi, sehingga bisa dikombinasikan dengan jenis kosmetik apapun. Namun demikian, ada baiknya jika kosmetik yang digunakan tidak sering berganti merek atau komposisi bahan.
b. Saat mengaplikasikan serum ke wajah, pastikan jari yang Anda gunakan juga dalam kondisi bersih, sehingga tidak ada kotoran yang tidak sengaja mengotori pori kulit.
c. Untuk mengoptimalkan efek positifnya, Anda bisa menggunakan serum dua kali sehari dengan jarak waktu sekitar 12 jam.
d. Jika sudah cocok dengan satu tipe serum, akan lebih baik jika Anda tidak mencoba mengganti dengan serum lain karena hal tersebut kemungkinan akan menghidrasi kulit Anda.

Semoga dengan beragam tips di atas, Anda semakin paham cara tepat menggunakan serum kecantikan yang membuat kulit tampak awet muda dan cantik.

Summary
Cara Tepat Menggunakan Serum Kecantikan
Article Name
Cara Tepat Menggunakan Serum Kecantikan
Description
Cara tepat menggunakan serum kecantikan perlu Anda ketahui, jika Anda tidak ingin produk serum yang dibeli terbuang sia-sia. Untuk menunjang penggunaannya,
Author
Publisher Name
Tokoibu.com
Publisher Logo

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


%d blogger menyukai ini: